Membuat Aplikasi Pembelajaran Bangun Bidang Datar Berbasis Andorid
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Penggunaan teknologi di
dunia semakin meningkat. Setiap
orang pasti telah menikmatinya dari berbagai macam perangkat lunak maupun
perangkat keras. Negara-negara besar di dunia seperti Amerika Serikat, Jepang,
dan Cina pun terus berlomba-lomba menghadirkan inovasi baru dalam perkembangan
teknologi dunia. Teknologi
yang terpesat perkembangannya saat ini adalah teknologi informasi dan telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk
teknologi dan kecanggihannya. Contohnya saja seperti smartphone, kini barang tersebut bukan lagi menjadi barang mahal.
Setiap orang kini bisa memiliki berbagai macam smartphone yang beredar di
pasaran. Dari mulai yang murah sampai yang mahal. Dan karena perkembangan zaman smarthpone bukan hanya orang dewasa yang menggunakan, anak kecil
pun sering kita lihat sudah menggunakan smartphone
tersebut. Berbagai smartphone
yang beredar di pasaran saat ini ada yang berbasis Android, Symbian, Blackberry, iOS, Windows Mobile
dan masih banyak lagi.Smartphone yang
ada saat ini juga didukung oleh berbagai macam aplikasi yang dibuat untuk mempermudah atau
mempercepat pekerjaan manusia Selain itu, pada sistem android
para developer juga leluasa untuk
membuat aplikasi sendiri yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi di
berbagai bidang untuk para pengguna android, contohnya dalam bidang pendidikan,
industri, teknologi, olahraga, finansial, bahkan religi.
Didalam dunia
pendidikan, pelajaran
matematika akan selalu dipelajari, seperti pada Taman kanak–kanak, Sekolah
dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas bahkan sampai di
perkuliahan. Pada matematika ada bab yang mempelajari tentang bangun bidang datar,
pelajaran bangun bidang datar ini kita
pelajari pada kelas 4 dan 5 Sekolah dasar, Seringkali pelajar sulit memahami pelajaran bangun
bidang datar karena pembelajarannya yang kurang menarik, sehingga pelajar
seringkali malas untuk mempelajarinya. Dan seringkali pelajar lupa akan
rumus-rumus, sifat-sifat dan pengertian tentang bidang datar. Dan para pelajar
seringkali kesulitan untuk melakukan perhitungan luas dan keliling dari bidang
datat tersebut karena dihitung secara manual dan memakan banyak waktu.
Android merupakan salah
satu sistem operasi yang sedang populer saat ini. Bukan hanya harganya yang
bisa bersaing dengan sistem operasi lainnya, tapi fitur yang ditawarkan juga
sangat lengkap. Dengan adanya android, kebutuhan manusia akan informasi dapat
terpenuhi. Selain itu, pada sistem android para developer juga leluasa untuk
membuat aplikasi sendiri yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi di
berbagai bidang untuk para pengguna android.
1.2 Rumusan Dan Batasan Masalah.
Sesuai dengan latar
belakang masalah tersebut yaitu penulis ingin membuat aplikasi pembelajaran
bangun bidang datar berbasis andorid, maka batasan dalam penulisan ilmiah ini
hanya mencakup tentang pembuatan aplikasi android pembelajaran bangun bidang
datar saja yang meliputi proses sebagai berikut :
1. Penjelasan
pengertian tentang persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar
genjang, layang-layang.
2. Penjelasan
tentang rumus dan sifat persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar
genjang, layang-layang.
3. Perhitungan
Luas dari persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar genjang, layang-layang.
4. Perhitungan
Keliling dari persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar genjang, layang-layang.
5. Soal
latihan untuk persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar genjang, layang-layang
1.3 Tujuan dan Manfaat
Penulis ingin merancang aplikasi pembelajaran bangun
datar berbasis andorid yang menarik sehingga dapat memunculkan ketertarikan
kepada pelajar untuk mempelajari tentang bangun bidang datar. Kemudian penulis
ingin membuat pembelajaran tentang pengertian, sifat-sifat serta rumus-rumus
bangun bidang bidang datar berbasis andorid agar para pelajar kelas 4 dan kelas
5 mudah untuk pembelajari pelajaran bangun bidang datar setiap saat melalui smartphone mereka. Lalu penulis ingin
merancang aplikasi perhitungan luas dan keliling bangun bidang datar secara
otomatis sehingga para pelajar mudah untuk melakukan perhitungan tanpa harus
menghitung secara manual. Terakhir ingin merancang aplikasi latihan tentang
bangun bidang datar untuk memperdalam pemahaman tentang bangun bidang datar.
1.4 Metode Penelitian
Langkah-langkah yang
akan dilakukan penulis di metode penelitian dalam penulisan ilmiah ini, adalah
:
1. Analisis
Sistem
a. Observasi
Kegiatan
ini dilakukan dengan cara mewawancarai pelajar kelas 4 sekolah dasar dan 5
sekolah dasar untuk mendapatkan
permasalahan yang mereka hadapi dalam membelajari dan memahami pelajaran bangun bidang datar.
b. Studi
pustaka
Pada
metode ini penulis mengumpulkan informasi tentang pembelajaran, pengertian, sifat-sifat, rumus-rumus dan cara
perhitungan luas dan keliling bangun bidang datar dari
sumber manapun seperti buku dan internet.
2.
Perancangan Aplikasi
Perancangan aplikasi dilakukan dalam beberapa
tahap,yaitu :
a. Pembuatan
rancangan input
Rancangan input dibuat menggunakan
diagram activity yang ada pada UML (Unified Modelling Language).
b. Pembuatan
rancangan output
Rancangan input dibuat menggunakan
diagram activity yang ada pada UML (Unified Modelling Language).
c. Pembuatan
logika pemrograman
Logika program dibuat menggunakan bentuk
diagram alur yang menggunakan struktur
navigasi.
d. Pembuatan
naskah program
Naskah
program dibuat menggunakan bahasa pemrograman java.
3. Pengujian aplikasi
Dalam tahap ini adalah melakukan pengujian terhadap
aplikasi yang telah dibuat,
pengujian ini didahului proses debugging, lalu
menjalankan aplikasi yang sudah valid dan terverifikasi. Selanjutnya dijalankan
selama kurang lebih selama enam kali, hal
yang perlu diperhatikan selama berjalannya aplikasi program ini adalah
konsistensi output yang di hasilkan dan tidak adanya perubahan pada tampilan.
4. Implementasi dan pemeliharaan aplikasi.
Dalam tahap ini yaitu menerapkan
aplikasi yang telah dibuat dan memelihara aplikasi tersebut.
Bibliografi
Burhan Mustaqim dan Ary
Astuty. 2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: CV
Buana Raya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar