Powered By Blogger

Jumat, 13 Juni 2014

Tugas Bahasa Indonesia 2 ke-4

Judul :
Membuat Aplikasi Pembelajaran Bangun Bidang Datar Berbasis Andorid 

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah
Penggunaan teknologi di dunia semakin meningkat. Setiap orang pasti telah menikmatinya dari berbagai macam perangkat lunak maupun perangkat keras. Negara-negara besar di dunia seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Cina pun terus berlomba-lomba menghadirkan inovasi baru dalam perkembangan teknologi dunia. Teknologi yang terpesat perkembangannya saat ini adalah teknologi informasi dan telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya. Contohnya saja seperti smartphone, kini barang tersebut bukan lagi menjadi barang mahal. Setiap orang kini bisa memiliki berbagai macam smartphone yang beredar di pasaran. Dari mulai yang murah sampai yang mahal. Dan karena perkembangan zaman smarthpone bukan hanya orang dewasa yang menggunakan, anak kecil pun sering kita lihat sudah menggunakan smartphone tersebut. Berbagai smartphone yang beredar di pasaran saat ini ada yang berbasis Android, Symbian, Blackberry, iOS, Windows Mobile dan masih banyak lagi.Smartphone yang ada saat ini juga didukung oleh berbagai macam aplikasi yang dibuat untuk mempermudah atau mempercepat pekerjaan manusia Selain itu, pada sistem android para developer juga leluasa untuk membuat aplikasi sendiri yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi di berbagai bidang untuk para pengguna android, contohnya dalam bidang pendidikan, industri, teknologi, olahraga, finansial, bahkan religi.
            Didalam dunia pendidikan, pelajaran matematika akan selalu dipelajari, seperti pada Taman kanak–kanak, Sekolah dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas bahkan sampai di perkuliahan. Pada matematika ada bab yang mempelajari tentang bangun bidang datar, pelajaran bangun bidang datar ini kita pelajari pada kelas 4 dan 5 Sekolah dasar, Seringkali pelajar sulit memahami pelajaran bangun bidang datar karena pembelajarannya yang kurang menarik, sehingga pelajar seringkali malas untuk mempelajarinya. Dan seringkali pelajar lupa akan rumus-rumus, sifat-sifat dan pengertian tentang bidang datar. Dan para pelajar seringkali kesulitan untuk melakukan perhitungan luas dan keliling dari bidang datat tersebut karena dihitung secara manual dan memakan banyak waktu.
Android merupakan salah satu sistem operasi yang sedang populer saat ini. Bukan hanya harganya yang bisa bersaing dengan sistem operasi lainnya, tapi fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap. Dengan adanya android, kebutuhan manusia akan informasi dapat terpenuhi. Selain itu, pada sistem android para developer juga leluasa untuk membuat aplikasi sendiri yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi di berbagai bidang untuk para pengguna android.

1.2       Rumusan Dan Batasan Masalah.
Sesuai dengan latar belakang masalah tersebut yaitu penulis ingin membuat aplikasi pembelajaran bangun bidang datar berbasis andorid, maka batasan dalam penulisan ilmiah ini hanya mencakup tentang pembuatan aplikasi android pembelajaran bangun bidang datar saja yang meliputi proses sebagai berikut :
1.      Penjelasan pengertian tentang persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar genjang, layang-layang.
2.      Penjelasan tentang rumus dan sifat persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar genjang, layang-layang.
3.      Perhitungan Luas dari persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar genjang, layang-layang.
4.      Perhitungan Keliling dari persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar genjang, layang-layang.
5.      Soal latihan untuk persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, jajar genjang, layang-layang

1.3       Tujuan dan Manfaat
            Penulis ingin merancang aplikasi pembelajaran bangun datar berbasis andorid yang menarik sehingga dapat memunculkan ketertarikan kepada pelajar untuk mempelajari tentang bangun bidang datar. Kemudian penulis ingin membuat pembelajaran tentang pengertian, sifat-sifat serta rumus-rumus bangun bidang bidang datar berbasis andorid agar para pelajar kelas 4 dan kelas 5 mudah untuk pembelajari pelajaran bangun bidang datar setiap saat melalui smartphone mereka. Lalu penulis ingin merancang aplikasi perhitungan luas dan keliling bangun bidang datar secara otomatis sehingga para pelajar mudah untuk melakukan perhitungan tanpa harus menghitung secara manual. Terakhir ingin merancang aplikasi latihan tentang bangun bidang datar untuk memperdalam pemahaman tentang bangun bidang datar.
 
1.4       Metode Penelitian
Langkah-langkah yang akan dilakukan penulis di metode penelitian dalam penulisan ilmiah ini, adalah :
1.      Analisis Sistem
a.       Observasi
Kegiatan ini dilakukan dengan cara mewawancarai pelajar kelas 4 sekolah dasar dan 5 sekolah dasar untuk mendapatkan permasalahan yang mereka hadapi dalam membelajari dan memahami pelajaran bangun bidang datar.
b.      Studi pustaka
Pada metode ini penulis mengumpulkan informasi tentang pembelajaran, pengertian, sifat-sifat, rumus-rumus dan cara perhitungan luas dan keliling bangun bidang datar dari sumber manapun seperti buku dan internet.
2.      Perancangan Aplikasi
Perancangan aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap,yaitu :
a.       Pembuatan rancangan input
Rancangan input dibuat menggunakan diagram activity yang ada pada UML (Unified Modelling Language).
b.      Pembuatan rancangan output
Rancangan input dibuat menggunakan diagram activity yang ada pada UML (Unified Modelling Language).
c.       Pembuatan logika pemrograman
Logika program dibuat menggunakan bentuk diagram alur yang  menggunakan struktur navigasi.
d.      Pembuatan naskah program
      Naskah program dibuat menggunakan bahasa pemrograman java.
3.  Pengujian aplikasi
 Dalam tahap ini adalah melakukan pengujian terhadap aplikasi yang telah dibuat, pengujian ini didahului proses debugging, lalu menjalankan aplikasi yang sudah valid dan terverifikasi. Selanjutnya dijalankan selama kurang lebih selama enam kali, hal yang perlu diperhatikan selama berjalannya aplikasi program ini adalah konsistensi output yang di hasilkan dan tidak adanya perubahan pada tampilan.    
     4.   Implementasi dan pemeliharaan aplikasi.
Dalam tahap ini yaitu menerapkan aplikasi yang telah dibuat dan memelihara aplikasi tersebut.
 

Bibliografi
 
Burhan Mustaqim dan Ary Astuty. 2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: CV Buana Raya.

Arifianto. Teguh 2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Andi. Yogyakarta.

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer