Powered By Blogger

Kamis, 12 Juni 2014

Kesalahan Penggunaan Bahasa Ke-18

Kali ini saya akan mengkritisi artikel tentang
"Artikel Komputer Terbaru" ,
disini saya akan coba mengkoreksi penulisan serta penggunaan bahasa dalam artikel tersebut.
Dan sebagian isi dari artikel yang ingin saya kritisi adalah :

Artikel Komputer Terbaru

Tips Menghemat energi PC, Laptop  Artikel Komputer ini saya akan membahas tentang Tips Menghemat Energi Pc dan Laptop. tentunya  anda merasa pembayaran listrik bengkak gara-gara penggunaan computer atau laptop setiap hari? Apalagi sekarang ini listrik menggunakan pulsa, tentunya kita harus lebih hemat sehemat mungkin agar pulsa listrik kita tidak cepet habis. Nah untuk mengatasi hal tersebut, berikut AllSoft berbagi tips cara menghemat energi pada computer dan laptop.
1. Atur Pencahayaan dan Kontras Monitor
Mungkin bagi orang yang awam atau pemula dalam menggunakan komputer, mereka jarang sekali memperhatikan pengaturan monitor mereka. Yang dimaksud dalam hal ini adalah tingkat pencahayaan dan kontras yang diatur terlalu tinggi akan bisa menghabiskan banyak energi. Maka untuk itu anda harus bisa mengatur pencahayaan dan kontras tersebut, untuk mengatur pencahayaan dan kontras monitor tersebut gunakan tombol yang berada di bawah monitor.
2. Matikan Monitor
Tips yang ke-dua adalah dengan mematikan monitor, terutama monitor yang jenisnya adalah jenis CRT (Cathode Ray Tubel), karena monitor jenis tersebut lebih banyak mengkonsumsi tenaga listrik. Jadi, jika anda ingin meninggalkan PC tersebut dalam waktu yang lama, sebaiknya matikan monitor anda.
Anda juga dapat menyetting Windows agar secara otomatis langsung mati dalam beberapa waktu tertentu, itu bisa dilakukan dengan cara, klik “Control Panel-Options”. Dalam “Power Options Properties” klik tab “Power Schemes”. Lalu klik tanda panah di bagian “Power Schemes” lalu pilih “Home/Office desk”. Lalu pilih waktu yang diinginkan pada “Turn Off Monitor” dan klik “Apply” dan “OK”.

Baca artikel selengkapnya di sumber :
 
Pembahasan
            Apa yang kita rasakan setelah menemukan dan membaca judul seperti yang tertera pada artikel di atas? Bagi sebagian orang, tentu hal ini merupakan hal yang lucu. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, judul merupakan rangkuman atau pengantar sebelum menuju isi. Judul membuat pembaca tahu apa isi atau pokok bahasan dari artikel yang akan dibacanya. Lalu apa yang akan kita tahu saat membaca suatu judul artikel “artikel komputer terbaru”? tentu pembaca sudah tahu bahwa yang akan dibacanya adalah suatu artikel. Dan jika melihat judul artikel di atas, hal apa yang berkaitan dengan komputer yang akan dibahas oleh artikel tersebut? tentu yang berkaitan dengan komputer tidaklah sempit tetapi luas. Lalu apakah pembaca mau tahu, artikel di atas baru atau tidak? Dan apakah informasi yang terdapat di dalamnya benar-benar baru? Itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang tentu tidak perlu dijawab lagi, karena jawabannya sudah ada setelah kita membaca artikel di atas.
Setiap penulis pasti memiliki maksud yang baik dalam menulis karya tulisnya. Tapi niat baik tersebut akan menjadi bumerang bagi penulisnya sendiri jika penyampaiannya tidak dengan cara yang benar. Seperti yang terjadi pada artikel ini, tentu maksud penulisnya pastilah baik, tapi karena tidak disampaikan dengan cara yang benar, jadiah niat baik penulisnya yang terpendam dalam tulisannya menjad tidak dapat diterima pembaca dan justru mendapat kritik dari pembacanya.
Jarak antara kata dalam artikel ini terlalu rapat, dtetapi jarak antara sub dengan isi sub sangatlah renggang. Masalah konsistensi kembali terulang pada artikel ini. pembaca dibuat sulit dengan cara yang berbeda-beda. Mengapa tidak sekalian saja dibuat renggang seluruhnya atau dibuat rapat seluruhnya agar pembaca mendapat satu jenis kesulitan. Tidak seperti ini, setelah membaca huruf-huruf yang renggang, pembaca diharuskan membaca huruf-huruf yang rapat. Baikkah penulis seperti ini? tentu tidak.
Tapi semoga kritikan ini dapat membuat penulis yang karya tulisnya dikritisi tidak lantas membuat berhenti menulis. Semoga kritikan pada tulisan ini dapat memacu seluruh penulis memerbaiki tulisannya baik dari segi penggunaan bahasa dan juga struktur penulisannya. Dan tentu saja, semoga karena tulisan ini, kita mau belajar lebih banyak lagi agar dapat membuat karya tulis yang semakin baik dan semakin benar.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer