Powered By Blogger

Kamis, 05 Juni 2014

Kesalahan Penggunaan Bahasa Ke-10

Kali ini saya akan mengkritisi artikel tentang " Bidang yang mengalami Perkembangan teknologi informasi ", disini saya akan coba mengkoreksi penulisan serta penggunaan bahasa dalam artikel tersebut.
Dan sebagian isi dari artikel yang ingin saya kritisi adalah :

Bidang yang mengalami perkembangan teknlogi informasi

Banyak sekali bidang yang mengalami perkembangan di bidang teknologi informasi, antara lain adaalah :

Dalam Bidang Pemerintahan (e-government)

E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).

Bidang Keuangan dan Perbankan

Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.

Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.



Baca artikel selengkapnya di sumber :

 
Pembahasan
            Informasi dalam artikel ini cukup menarik bagi pembaca dan cukup unik. Informasi yang diberikan oleh penulis dapat dikatakan informasi yang berbeda dari artikel-artikel sebelumnya.Jika artikel sebelumnya membahas seputar teknologi informasi, artikel ini pun sebenarnya membahas seputar teknologi informasi tapi dengan pokok bahasan yang berbeda.Pokok bahasan dalam artikel ini
            Namun, akan sangat merugikan baik bagi pembaca (khususnya pembaca awam) dan juga bagi penulis artikel di atas sendiri jika informasi yang sudah sangat menarik tersebut tidak sampai terhadap tujuannya yaitu pembaca. Hal ini bisa terjadi akibat struktur penulisan yang tidak baik, juga karena penggunaan bahasa yang tidak baik pula.
            Hal pertama yang dapat membuat pambaca bingung saat membaca artikel ini ialah judul. Judul artikel di atas tidak tepat, karena judul artikel di atas ctukup membingungkan artinya. Alangkah lebih baik jika judulnya menjadi “Bidang-Bidang yang Terkena Dampak Perkembangan Teknologi Informasi”, atau “Bidang-Bidang yang mengikuti Perkembangan Teknologi Informasi”. Sedangkan judul di atas menjadi membingungkan.
            Permasalahan kedua ialah, ada sub-sub judul yang mencoba menjelaskan bidang-bidang yang mengikuti perkembangan teknologi informasi, kemudian bidang-bidang tersebut diberi warna biru. Setelah menjelaskan dua bidang yang mengikuti perkembangan teknologi tersebut, penulis artikel di atas mencoba menjelaskan pengertian teknologi secara umum dan memberikan contoh aplikasi-aplikasi yang berkembang seiring perkembangan teknologi informasi. Seharusnya ada sub yang dapat menjadi pembeda antara satu bahasan dengan bahasan lain. Tapi penulis artikel di atas tidak melakukan hal tersebut, justru menuliskannya tanpa pemisah, dan yang lebih parahnya, menggunakan jenis huruf, besar huruf, dan warna yang sama dalam menuliskannya. Tentu sebagai pembaca, hal ini membuat bingung dan cukup mengganggu.
            Selain itu, jika kita membaca secara teliti, kita akan menemukan kealpaan penulis dalam menuliskan tanda titik (.). memang bisa saja penulis artikel di atas lupa menuliskan tanda titik (.) di salah satu akhir kalimat. Namun anehnya, justru setelah kata yang harusnya diberi tanda titik (.) (tapi tidak diberi tanda titik (.)), huruf yang menjadi awal kalimat selanjutnya adalah huruf kapital (seperti huruf yang menjadi awal kalimat setelah kalimat sebelumnya selesai dengan tanda titik (.)). Tentu hal ini cukup membingungkan, apakah hal tersebut dilakukan secara tidak sengaja adalah atau justru disengaja. Pdahal tanda titik (.) adalah tanda yang penting dalam suatu karya tulis, fungsinya untuk mengakhiri kalimat dan memberikan pembaca waktu untuk “istirahat”.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer