Powered By Blogger

Rabu, 04 Juni 2014

Kesalahan Penggunaan Bahasa Ke-7

Pada Tulisan kali ini saya akan coba mengkoreksi artikel atau tulisan yang berjudul tentang "Pengetian Komputer,Apa Komputer itu ? " .
dan sebagian isi dari artikel yang akan saya kritisi adalah :

PENGERTIAN KOMPUTER, APA ITU KOMPUTER?
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
  • Menerima input
  • Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
  • Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Baca artikel selengkapnya di sumber :


Pembahasan
            Kritik pertama ditujukan pada judul artikel di atas. Mungkin maksud dari judul artikel ini adalah artikel ini akan memaparkan pengertian komputer bagi yang bertanya, apa itu komputer? Yang sangat disayangkan, mengapa dua hal ini disatukan dan dijadikan sebuah judul artikel.Mengapa penulis artikel ini tidak memilih salah satunya?Ya, hanya dirinya dan Tuhan lah yang tahu. Padahal akan lebih baik jika judulnya hanyalah “Pengertian komputer” kemudian kata “apa itu komputer?” diletakkan sebagai kalimat pembuka. Atau sebaliknya, judul hanyalah “apa itu komputer?” kemudian “pengertian komputer” menjadi senjata di awal kalimat pada awal paragraf.
            Satu kesalahan yang sangat fatal terjadi pada artikel ini yaitu etika pengutipan. Artikel ini banyak “bergantung” pada pemikiran-pemikiran atau tulisan-tulisan orang lain. Memang, penulis artikel ini tetap mencantumkan nama penulis yang pemikirannya ia kutip. Namun , cara menulis apa yang telah dikutipnya belum benar. Jika yang dikutip berisi satu sampai tiga kalimat, tidak perlu dipisahkan dari paragraf dan diberi tanda kutip (“), kemudian diikuti dengan sumber.Namun jika yang dikutip berisi empat kalimat atau lebih, maka kutipan tersebut haruslah dipisahkan dari paragraf, dengan diberi jarak satu spasi, dan tanpa diberi tanda kutip (“), kemudian barulah diikuti dengan sumber kutipan tersebut.
            Hal ini perlu diperhatikan, tujuannya agar pembaca dapat lebih jelas dalam membedakan mana kutipan mana pemikiran asli seorang penulis.Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk menghargai orang yang tulisannya atau pemikirannya kita kutip di dalam tulisan kita.Jika kita mengutip dengan benar, tidak menutup kemungkinan jika ada pembaca yang kemudian setelah membaca hasil tulisan kita kemudian membaca tulisan asli atau sumber dari kalimat yang telah dikutip sebelumnya.
            Yang sangat mengganggu dari artikel ini adalah seluruh hurufnya ditebalkan tapi ada juga yang tidak. Entah apa maksud dari penulis artikel ini melakukan hal tersebut, ada beberapa kata yang tidak ditebalkan dan sepertinya hal ini disengaja oleh penulisnya dan dengan penuh kesadaran. Tapi hal ini tidak dapat dibenarkan, selain karena tidak sesuai dengan aturan tata tulis karya tulis di Indonesia dan Internasional, juga sangat mengganggu mata pembaca.
            Lihat juga kalimat “Tertarik seputar komputer sobat bisa baca juga sejarah Komputer serta pemahaman akan perangkat keras komputer.”.kurangnya tanda koma (,) untuk memenggal kalimat tersebut membuat kalimat ini menjadi rancu atau ambigu. Seharusnya di tengah-tengah antara kata “komputer” dengan kata “sobat” terdapat tanda koma (,).Jika kita melihat kalimat di atas, kita dibuat bingung apakah yang dimaksud jika kita tertarik dengan komputer, kita sebagai sobat dapat membaca link-link yang disediakan penulis artikel tersebut.Ataukah, jika kita tertarik pada komputer sobat, kita dapat membaca link-link yang disediakan.Memang hal tersebut dapat dipahami oleh pembaca dengan melihat konteks, tapi alangkah lebih baiknya kita membuat tulisan yang sebaik-baiknya tanpa harus berharap pembaca dapat member toleransi dengan kesalahan-kesalahan yang ada dalam tulisan kita.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer