Powered By Blogger

Kamis, 12 Juni 2014

Kesalahan Penggunaan Bahasa Ke-13

Pada Tulisan kali ini saya akan coba mengkoreksi artikel atau tulisan yang berjudul tentang " Pengetian tekhnologi Informasi ".
dan sebagian isi dari artikel yang akan saya kritisi adalah :

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan
Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh
mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ". Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

sumber :    http://www.teknologi-informasi.net/2013/12/pengertian-teknologi-informasi.html

Pembahasan

            Isi artikel ini terlalu sedikit dan tidak dapat menjawab atau menjelaskan apa yang ditawarkan oleh judulnya yang sangat luas. Seharusnya penulis dapat memilih, apakah judu artikelnya yang ingin dipersempit atau isi artikelnya yang akan diperluas. Karena jika tetap seperti ini, seseorang yang sedang membutuhkan informasi mengenai pengertian teknologi informasi akan kecewa ketika membuka artikel ini yang tentu tidak memberi banyak memberi informasi mengenai teknologi informasi yang dicarinya.

            “paragraf” pertama artikel ini menjelaskan pengertian teknologi informatika tidak secara luas dan hanya berifat umum. Sedangkan pada “paragraf” kedua artikel di atas justru menjelaskan pengertian teknologi informasi dalam konteks bisnis. Mungkin, akan lebih baik jika penulis artikel ini di awal-awal tulisannya menjelaskan pengertian teknologi informasi secara luas secara detail, kemudian dikerucutkan pada pengertian teknologi informasi dalam konteks bisnis. Tentu hal ini akan menjadi artikel yang menarik. Tapi hal ini hanyalah saran untuk hasil yang lebih baik.

            Hal aneh lain yang terdapat pada artikel ini adalah kata ‘teknologi informasi’ pada awal artikel tidak ditebalkan seperti kata-kata atau kalimat-kalimat sesudahnya hingga akhir. Walaupun sebenarnya hal inilah yang benar, dan kata-kata atau kalimat-kalimat sesudahnya hingga akhir itulah yang salah karena ditebalkan. Mungkin hal ini dilakukan penulis artikel di atas dengan tujuan bahwa apa yang ditulis setelah kata ‘teknologi informasi’ adalah penjelasan tentang kata tersebut. namun bukankah hal ini tidak lazim, padahal biasanya kata yang ingin dijelaskan bercetak tebal, dan kata-kata atau kalimat-kalimat yang menjelaskan tidak dicetak tebal.

            Marilah kita lihat kalimat berikut ini “Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.”. Apa anda sudah bingung? Apa anda sudah pusing untuk mengetahui apa maksud kalimat tersebut? baiklah, sebaiknya tidak perlu diteruskan dan mari kita berdoa bersama agar penulisnya lekas bertobat dan segera memerbaiki tulisannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer