Powered By Blogger

Rabu, 04 Juni 2014

Kesalahan Penggunaan Bahasa Ke-5

Pada Tulisan kali ini saya akan coba mengkoreksi artikel atau tulisan yang berjudul tentang "Pengetian VGA dan Funsingya".
dan sebagian isi dari artikel yang akan saya kritisi adalah :

PENGERTIAN VGA DAN FUNGSINYA

VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
 Seperti apa bentuk VGA card tersebut?
Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
VGA card yang terlihat diatas merupakan VGA tambahan, bukan on board (tidak menyatu dengan motherboard). Keuntungan VGA card non on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer.
Disebut VGA card karena komponen ini memang berbentuk spt kartu yg di"tancap"kan pada motherboard (mobo) melalui satu slot yg khusus unt itu. Krn VGA card memiliki prosesor yg mengeluarkan panas saat beroperasi, maka pasti ada perangkat pendinginnya, bisa berupa sirip² logam dgn pipa² penghantar panas (heatpipe) atau berupa kipas pendingin (Heat Sink Fan/HSF).
Tak jarang VGA card ini sudah terintegrasi jadi satu dgn mobo, atau istilahnya VGA OnBoard (OB). Mobo dgn VGA OB tentu saja tdk lagi membutuhkan VGA card tambahan, kecuali bila VGA OB nya dirasa "kurang canggih", masih bisa dipasang VGA card tambahan .
 sumber :

Pembahasan
            Seperti biasa, kesalahan-kesalahan dalam penulisan artikel di atas tidak jauh berbeda dengan artikel-artikel sebelumnya, justru bisa dikatakan sama. Namun penulis, mencoba mencari kesalahan-kesalahan dalam penulisan agar dapat lebih banyak berbagi ilmu dengan pembaca.
            Ada masalah yang belum dibahas pada artikel sebelumnya dan akan dibahas kali ini berkaitan dengan penulisan pada artikel di atas. Pertama, ada kesalahan dalam hal pemenggalan kata pada kalimat "VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor.”.Seharusnya tidak perlu diletakkan tanda koma (,) pada kalimat tersebut, hal ini justru membuat kalimat tersebut tidak jelas maksudnya, dan membuat siapapun yang membacanya akan merasa ada yang aneh ketika membaca pada bagian tersebut.
            Tanda koma (,) digunakan sebagai tanda bahwa kalimat tersebut belum berakhir. Dan juga untuk memisahkan satu anak kalimat dengan anak kalimat lainnya, dengan kata lain berfungsi sebagai jeda agar pembaca dapat memahami satu-persatu setiap anak kalimat. Namun, jika yang terjadi seperti di atas, maksud yang ingin disampaikan penulisnya menjadi tidak sampai dengan baik kepada pembaca. Dengan menghapus tanda koma (,) yang ada pada kalimat tersebut, akan lebih jelas maksud penulis sehingga tidak menghasilkan kejanggalan.
            Dan satu hal lagi yang menjadi aneh dalam artikel kali ini, yaitu banyak kata pengulangan yang hanya diberi angka 2 di atasnya seperti “sirip², pipa²”.Tentu hal ini tidak dapat dibenarkan, karena yang benar ketika menulis kata pengulangan haruslah ditulis kedua katanya, misalanya “sirip-sirip, pipa-pipa”. Tentu hal ini bukan suatu yang sulit, kecuali memang malaslah yang menjadi alas an yang membuat hal ini terjadi.
            Ada hal lain lagi yang cukup menarik untuk dikritisi, yaitu masalah penggunaan tanda kutip. Seperti yang terjadi pada kata “"kurang canggih"”, yang entah mengapa diberi tanda kutip oleh penulisnya. Tanda kutip (“) digunakan untuk mengutip, entah itu tulisan orang lain atau perkataan orang lain yang kemudian dimasukkan ke dalam tulisan kita. Tanda kutip juga dapat digunakan ketika menuliskan perumpamaan dari sesuatu yang kita maksud dalam tulisan.Misalnya “tikus” untuk mengganti kata koruptor.Tentu tanda-tanda yang ada di dunia ini memiliki makna dan fungsinya masing-masing, kita yang menggunakan tidak bisa menggunakan seenaknya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer