Powered By Blogger

Kamis, 13 November 2014

Tugas 2 Pengantar Telematika

  1. Apa manfaat dan dampak negatif dari jaringan komputer sebagai media untuk mengakses layanan telematika, jelaskan!
2. Berikan contoh aplikasi-aplikasi apa saja yang berkembang yang memanfaatkan jaringan komputer khususnya internet dalam telematika!
3. Faktor apa yang mendasari perkembangan telematika di Indonesia semakin meningkat, sebutkan dan jelaskan!
 Jawaban :


1. Manfaat yang didapat dari mengakses layanan telematika melalui jaringan komputer ialah bermunculannya layanan E-Commerce , E-Government, E-Card dan lain – lain,
- E-Commerce adalah Layanan untuk melakukan transaksi jual beli melalui   internet sehingga mempermudah pembeli dan penjual barang melalui internet untuk melakukan pencarian barang yang dibutuhkan dan menjual barang dagangannya.
- E-Goverment adalah merupakan sebuah layanan publik yang akan digunakan untuk memindahkan data secara paper kedalam sebuah kartu dan elektronik. Misal menyediakan layanan pembuatan paspor, ktp, npwp dengan hanya melalui web secara online melalui jaringan komputer. Efisien dalam waktu, biaya, dan sesuai dengan tujuan dalam kebutuhan yang diperlukan. Memberikan informasi yang mudah untuk memperbaiki kinerja pemerintah
- E-card : dalam kehidupan sekarang semua serba digitalisasi, contohnya adalah manfaat dari kartu e-toll yang dapat digunakan sebagai pengganti uang rill dengan uang elektronik. Lebih mudah dan efisien dalam menggunakannnya. Dan untuk isi ulang hanya dengan melalui atm, waralaba, atau internet banking.
Dampak negatif dari jaringan komputer terhadap telematika:
- Perusakan data.
- Keamanan informasi tidak aman karena takut penyalahgunaan
- Hijacking, hacker terhadap data yang di ambil
- Penyadapan dan peretasan dalam data.
- Penyebaran virus terhadap komputer user.
- Kejahatan terhadap negara atau transnasional, misal mencuri bank sehingga rugi miliaran dollar di rumania, human trafficking.

2. aplikasi-aplikasi apa saja yang berkembang yang memanfaatkan jaringan komputer khususnya internet dalam telematika adalalah sebagai berikut :
- Aplikasi e-learning: menyediakan informasi yang digunakan dalam pembelajaran suatu materi. Setiap mahasiswa diberi kemudahan dalam mengikuti perkuliahan jarak jauh mata kuliah tertentu tanpa harus on-site di kampus.
 - v-class: virtual class atau sebagai pengganti jam kuliah yang dilakukan dengan hanya melalui komputer. Sharing informasi materi kuliah dengan memberikan materi, kuis, dan analisa.
- e-commerce : aplikasi yang digunakan untuk memberikan kemudahan dalam berdagang. Disini terdapat iklan, promo, barang yang dijual, informasi harga, dan dapat melakukan transaksional secara aturan yang diterapkan.

3. Faktor – Faktor yang mendasari perkembangan telematika adalah :
 - User (Pemakai) : Perkembangan telematika pasti dipengaruhi oleh user atau pengguna yang semakin sering menggunakan internet, karena dewasa ini masyarakat Indonesia semakin melek tekhnologi dan menjadikan internet sebagai kebutuhan karena dapat mendapatkan berbagai informasi
- Provider : Provider ialah yang menyediakan layanan internet, di Indonesia kini sudah banyak provider yang memberikan layanan internet dengan harga yang cukup murah dan memberikan semacam promo-promo untuk menarik pelanggan dalam menggunakan produk layanan internet yang mereka berikan, sehingga membuat masyarakat dengan mudah mengakses layanan internet.
 - Developer : developer memiliki peran penting dalam perkembangan telematika di indonesia, karena layanan telematika akan tidak terasa berguna jika tidak dimaksimalkan oleh layanan software dan Hardware pendukungnya.

Nama : Muhamad Rinaldi
NPM   : 14111702
KELAS : 4Ka28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer