Powered By Blogger

Kamis, 24 April 2014

Kualitas Karya Tulis


Tugas 2 Bahasa Indonesia
Dosen : EDY PRIHANTORO, SS., MMSI

Nama : Muhamad Rinaldi
Npm : 14111702
Kelas : 3Ka28

Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa  aspek, yaitu :
    a.  Topik yang menarik
    b.  Mudah dipahami oleh pembaca
    Coba Anda jelaskan kedua aspek ini ! (Upload  menjadi tugas 2)

Jawab :
A).     Kenapa topik menarik menjadi aspek kualitas karya tulis karena  dari kata yang menarik itu akan membuat semangat orang-orang / pembaca untuk membaca nya. Karena jika dari judul saja sudah menarik kemungkinan besar isi nya jauh lebih menarik. di dunia kepenulisan,  kita tidak akan pernah lepas dari adanya pembaca sebagai penikmat karya tulis. Jika seorang penulis mampu untuk memilih topik yang menarik, kemudian merangkai tulisannya dengan bagus dan tentunya sesuai topik, maka pembaca akan merasa nyaman menyimak sebuah karya tulis dari awal sampai akhir.
B)       Dan kualitas karya tulis itu harus mudah dipahami oleh pembaca karena sebelum menulis, kita harus tahu dulu bahwa tujuan menulis adalah untuk menyampaikan informasi kepada orang lain melalui bahasa tulisan. Jadi bukan kita sebagai penulis saja yang bisa mengerti tulisan yang kita buat, tapi si penerima juga harus bisa memahaminya. Percuma saja kita membuat tulisan kalau hanya kita saja yang bisa mengerti sedangkan si pembacanya tidak. Menulis akhirnya akan menjadi sia-sia karena informasinya tidak sampai ke si penerima.
kita harus bisa menempatkan diri kita tidak hanya sebagai penulis, tapi kita juga harus bisa menempatkan diri sebagai pembaca. Kira-kira kita sebagai pembaca bisa mengerti atau tidak tentang apa yang telah kita tuliskan. Kalau belum, maka kita sebagai penulis harus menyederhanakan tulisan tersebut agar bisa dipahami oleh kita sebagai pembaca.
Inti nya Tulisan yang mudah dipahami itu biasanya adalah tulisan yang sederhana, singkat, padat dan menggunakan bahasa sehari-hari namun tetap sopan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer