Powered By Blogger

Selasa, 15 Mei 2012

Manusia dan cinta kasih


Pengertian Cinta kasih
inta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

 
Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai.  Cinta samasekali bukan nafsu. Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut:
  1. Cinta bersifat manusiawi
  2. Cinta bersifat rokhaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah.
  3. Cinta menunjukkan perilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.
Cinta juga selalu menyatakan unsur  - unsur dasar tertentu yaitu:
  1. Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya.
  2. Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar bedasarkan atas suka rela.
  3. Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, agar mau membuka dirinya.
  4. Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.
Keterkaitan antara Manusia dan kasih sayang
Setiap manusia pasti mempunyai rasa cinta dan kasih sayang dalam dirinya kepada mahluk lainnya, baik itu kepada orang tua , kakak , adik , saudara  , teman ataupun lawan jenis.
Tuhan menciptakan kita dengan diberikan perasaan berupa rasa cinta dan kasih sayang kepada sesamanya,tentu kita semua pernah merasakan perasaan jatuh cinta,baik yang sudah mengungkapkan nya ataupun masih di pendam di dalam hatinya,hal itu normal – normal saja karena kita memang di ciptakan tuhan untuk memiliki perasaan tersebut.
Namun hal ini bisa bisa di katakana tidak normal jika ada yang mengatakan kalau tidak pernah merasakan perasaan yang berupa cinta dan kasih sayang.
Cinta itu merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Penyayang. Begitu pula dengan kasih sayang yang sangat erat kaitannya dengan cinta. Berdasarkan arah pandanganya, cinta kasih manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
  1. Cinta kasih secara vertikal yaitu meliputi cinta kasih terhadap Tuhan sebagai sang pencipta, termasuk apapun yang berhubungan langsung dengan Tuhan itu sendiri. Seperti Cinta kasih terhadap Agama, Nabi, KitabSuci, Malaikat, dan lainnya.
  2. Cinta kasih secara horisontal yaitu meliputi cinta kasih terhadap lingkungannya. seperti Cinta kasih terhadap antar sesama Manusia, Alam, Hewan dan Tumbuh

Dan dalam, cinta itu mempunyai 3 unsur, yaitu :
1.      Keterikatan : manusia yang saling berhubungan satu sama lainnya didalam menjalin hubungannya,
contoh : pasangan yang sudah menikah pasti setiap hari akan menjalani hidup dan tinggal bersama – sama,dimana akan ada sebuah keterikatan atau ketergantungan antara mereka seperti saling membutuhkan satu sama lain agar terjadi keluarga yang ideal
2.      Hasrat : keinginan manusia yang ingin dipenuhi oleh manusia tersebut dalam segala sisi kebutuhan.
Contoh : Keinginan dari sisi sexual
3.      Komitmen : dalam sebuah hubungan, manusia membuat komitmen atau perjanjian antara   satu sama lainnya demi membuat sebuah ikatan yang kokoh.

3 Tingkatan Cinta

Cinta menurut saya sendiri mempunyai 3 tingkatan yaitu :

  1. Cinta kepada Tuhan pemilik alam semesta ini,

Inilah yang pertama harus kita cintai, karena semua hidup kita tergantung ALLAH SWT., yang memberikan kita sehat , yang memberikan kita rezeki , dan yang memberikan kita segala nikmat yang kita rasakan sampai saat ini.
Dan cintailah kekasih ALLAH yaitu Nabi Muhammad SAW., karena ialah penuntun kita dari jalan yang salah ke jalan kebenaran

2.      Cinta kepada kedua orang tua

Dan yang selanjutnya harus kita cintai adalah kedua orang tua kita, dialah manusia yang sangat berjasa dalam hidup kita,
Perjuangan seorang ibu yang telah mengandung kita selam 9 bulan di dalam perutnya dan mempertaruhkan nyawanya agar kita dapat lahir sehat dan selamat.
Dan juga perjuangan ayah yang selalu bekerja keras dengan jerih payah nya agar keluarga kita bisa hidup sejahtera dan bahagia




3.      Cinta terhadap teman maupun lawan jenis dalam hidup kita.

Cinta terhadap teman adalah cinta yang datang karena adanya rasa saling kasih, rasa saling peduli antara sesama , rasa tolong menolong dan sebagainya.
Sedangkan cinta dengan lawan jenis merupakan adanya ketertarikan dari fisik maupun hatinya sehingga menimbulkan rasa simpatik rasa kasih sayang juga rasa ingin memiliki.


Dan kesimpulan saya adalah :

 Manusia itu sangat erat kaitannya dengan rasa Cinta kasih, karena merupakan kodrat dari ALLAH SWT untuk memiliki rasa itu.
Cinta dapat di bagi 3 tingkatan : cinta kepada Tuhan , cinta kepada Orang Tua , dan cinta kepada teman maupun lawan jenis.
Namun dewasa ini cinta terhadap lawan jenis sering di artikan ke hal negative untuk memuaskan dirinya sendiri.
Seperti Sex di luar nikah sehingga menimbulkan dosa di antara pasangan tersebut.
Cinta seperti inilah yang tidak boleh dilakukan, lakukanlah cinta dengan hati dan perasaan.
Jagalah seseorang yang kita cintai dengan rasa tanggung jawab.
Dan jangan pernah menyianyiakan orang yang cinta dan sayang terhadap kita.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer